Program Studi Sarjana Matematika UB Gelar Workshop Pembuatan Module Handbook

Program Studi Sarjana Matematika (PSM) FMIPA Universitas Brawijaya (UB) menggelar workshop Pembuatan Course Learning Outcomes (CLO) dan Penyusunan Module Handbook selama tiga hari, pada tanggal 24-26 Januari 2020 di Jambuluwuk Convention Hall and Resort Batu. Workshop ini bertujuan untuk menghasilkan CLO setiap mata kuliah yang nantinya menjadi acuan bagi dosen pengampu dalam melaksanakan perkuliahan.

CLO dirumuskan berdasarkan satu atau beberapa Intended Learning Outcome (ILO) yang dibebankan pada Mata Kuliah tersebut.

Selain itu, pada workshop tersebut juga dilakukan penyusunan Module Handbook, yang berisi berbagai informasi yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran. Informasi yang disajikan pada module handbook antara lain, meliputi identitas mata kuliah, workload, prasyarat, metode perkuliahan, media pembelajaran, silabus mata kuliah, metode dan kriteria evaluasi, CLO, dan pustaka acuan yang digunakan.

Workshop ini dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA, Prof. Drs. Adi Susilo, M.Si., Ph.D. Dalam sambutannya, Prof. Adi Susilo menekankan pentingnya akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dan menyinggung upaya FMIPA untuk mengawal upaya PS meraih akreditasi Internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik).

Selanjutnya kegiatan workshop dimulai dengan penjelasan mengenai CLO oleh Dr. Wuryansari Muharini K, M.Si. dan dilanjutkan dengan penyusunan CLO seluruh Mata Kuliah PSM yang dipandu oleh Corina Karim, S.Si., M.Si., Ph.D.

Hari kedua workshop tersebut diisi dengan kegiatan Pembobotan CLO pada item penilaian, sinkronisasi CLO dengan silabus Mata Kuliah, dan penyusunan Module Handbook.

Penyusunan Module Handbook setiap mata kuliah dilakukan oleh koordinator mata kuliah setelah berdiskusi dengan seluruh pengampu mata kuliah bersangkutan.

Pada hari terakhir, seluruh peserta melakukan diskusi dalam rangka melakukan evaluasi terhadap Module Handbook yang telah tersusun, dan selanjutnya dilakukan penetapan Module Handbook semua mata kuliah PSM UB.***