Visi, Misi, dan Tujuan

Visi Prodi S1 Matematika

Menjadi Program Studi Sarjana Matematika yang unggul dan mampu berkompetisi secara nasional pada tahun 2025 dan internasional pada tahun 2035 dalam bidang matematika dan terapannya.

Misi Prodi S1 Matematika

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan dan penerapan matematika.
  2. Mengembangkan budaya penelitian untuk mendukung kegiatan penelitian bidang matematika dan terapannya.
  3. Berperan aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan matematika dan terapannya.

Tujuan Prodi S1 Matematika

Tujuan Program Sarjana Matematika adalah mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan dalam bidang karir yang dipilihnya, seperti ilmuwan/peneliti, akademisi, programmer, data sains, staf di lembaga swasta dan publik di bidang industri, asuransi , keuangan, e-commerce, dan perbankan. Para lulusan juga dipersiapkan untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih lanjut untuk mengembangkan pengetahuan dan status akademik. Oleh karena itu, kurikulum Program Sarjana Matematika dirancang agar dalam waktu 3-5 tahun setelah menyelesaikan studinya, para lulusan mencapai PEO berikut.

  1. Berhasil mengembangkan diri sesuai profesi pilihannya dengan menerapkan konsep-konsep dan metode-metode matematika dalam pekerjaannya.
  2. Aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan karirnya atau sedang/telahmenyelesaikan studi lanjut dalam bidang matematika atau bidang lain yang relevan.
  3. Mampu bekerja sama dalam tim danmengambil inisiatif kepemimpinan dalam organisasi kerja.
  4. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan menjunjung etika profesi

Capaian Pembelajaran Lulusan

Agar lulusan dapat mencapai tujuan pendidikan diperlukan standar capaian pembelajaran lulusan yang dapat digunakan untuk mengukur hasil belajar lulusan dalam pengalaman belajarnya. Capaian pembelajaran lulusan (CPL) PS Sarjana Matematika UB adalah sebagai berikut.

  1. Menguasai konsep teoritis matematika dan prinsip-prinsip pemodelan matematika.
  2. Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan sistematis sehingga dapat memecahkan masalah praktis sederhana dengan menerapkan metode matematika dasar.
  3. Mampu mengembangkan pemikiran matematis yang diawali dari pemahaman prosedural/komputasi hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi, dan bukti formal.
  4. Mampu mengkonstruksi, memodifikasi, dan menganalisis permasalahan matematis sehingga dapat mengkaji keakuratan hasil dan menginterprestasikannya.
  5. Menguasai pengetahuan dan keterampilan matematis sehingga dapat menerapkan dan menyelesaikan masalah matematika sederhana dengan atau tanpa piranti lunak
  6. Menerapkan teori dan metode matematika untuk pengembangan matematika sendiri atau pada bidang lain.
  7. Mampu menyusun deskripsi saintifik dengan menggunakan kaidah ilmiah dan dapat menunjukkan hasil pekerjannya secara tepat dan benar serta mampu mengkomunikasikan hasilnya secara lisan dan tulisan.
  8. Mampu bekerja sama dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah matematika maupun terapannya.