Pengumuman Pelaksanaan PKL

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa PS Sarjana Matematika yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan mahasiswa yang akan memprogram MK Praktek Kerja Lapangan (PKL) sebagai berikut:

  1. Mahasiswa dapat melaksanakan PKL setelah lulus MK dengan total lebih dari atau sama dengan 90 sks
  2. Pelaksanaan PKL berupa suatu kegiatan yang relevan dengan bidang matematika selama 1 – 1,5 bulan.
  3. Kegiatan PKL dapat berupa
    1. Praktik kerja di suatu instansi/perusahaan/lembaga tertentu.
    2. Membantu kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Dosen di bawah naungan Lembaga Penelitian/ Kelompok Kajian/ Pusat Studi/ Departemen, seperti mengolah data penelitian, melakukan simulasi numerik, dan kegiatan sejenis lainnya.
    3. Membuat video pembelajaran matematika dengan materi pembelajaran tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) berdasarkan koordinasi dengan pihak sekolah terkait, dengan jumlah 1 video per minggu berdurasi 40 menit per video.
  4. Mahasiswa wajib memprogram mata kuliah PKL pada KRS di semester berikutnya.
  5. Seminar PKL dapat dilaksanakan bila mahasiswa telah memprogram PKL pada KRS semester berjalan. Jika mahasiswa tidak melaksanakan seminar PKL sampai batas semester berakhir maka mahasiswa wajib mengulang pelaksanaan PKL dengan instansi tempat PKL/ jenis kegiatan PKL yang berbeda dari sebelumnya.
  6. Seminar PKL wajib dikuti oleh mahasiswa lain atau pihak-pihak yang memiliki ketertarikan dan keterkaitan dengan materi PKL.
  7. Mahasiswa melakukan revisi laporan PKL dalam waktu paling lama 30 hari kerja setelah seminar PKL dilaksanakan.
  8. Jika setelah 30 hari kerja proses revisi belum dapat diselesaikan, maka nilai mahasiswa yang bersangkutan diturunkan satu tingkat.
  9. Jika dalam waktu lebih dari 60 hari kerja mahasiswa tidak dapat menyelesaikan revisinya, maka mahasiswa tersebut harus mengulang pelaksanaan PKL dengan jenis kegiatan atau tempat PKL yang baru.
  10. Ketentuan lebih lanjut diatur pada SOP PKL PS Sarjana Matematika.