Ditulis pada tanggal 1 September 2019, oleh riesky ovta hidayat, pada kategori Berita

Bahasa pemrograman R merupakan salah satu bahasa pemrograman yang gratis dan saat ini sering digunakan untuk bidang komputasi khususnya komputasi statistika dan sains data, maka dosen Jurusan Matematika Universitas Brawijaya seharusnya mampu menggunakan bahasa R karena saat ini bahasa R banyak dibutuhkan di bidang sains data yang merupakan salah satu bidang dalam ilmu komputasi. Bahasa R adalah bahasa pemrograman dan perangkat lunak untuk analisis statistik dan grafik. Bahasa ini kini menjadi standar de facto diantara statistikawan untuk pengembangan perangkat lunak statistika dan analisis data. Bahasa R menyediakan berbagai teknik statistika (pemodelan linear dan nonlinear, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi, klasterisasi, dan sebagainya) serta grafik.

Bahasa R, sebagaimana bahasa S, dirancang sebagai bahasa komputer sebenarnya dan mengizinkan penggunanya untuk menambah fungsi tambahan dengan mendefinisikan fungsi baru. Kekuatan besar dari R yang lain adalah fasilitas grafiknya yang memiliki kualitas publikasi yang membuat simbol matematika. Bahasa R memiliki format dokumentasi seperti LaTeX yang digunakan untuk menyediakan dokumentasi yang lengkap baik secara daring (dalam berbagai format) maupun secara cetakan. 

 

Dari latar belakang tersebut, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya menyelenggarakan pelatihan R bagi dosen-dosen Jurusan Matematika pada hari Selasa, 13 Agustus 2019. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan

  1. Dosen matematika mempunyai kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak R
  2. Secara tidak langsung, lulusan Jurusan Matematika Universitas Brawijaya mampu menggunakan perangkat lunak R

Kegiatan tersebut dihadiri oleh dosen-dosen Jurusan Matematika, dengan pemateri yaitu Dr. Umu Sa’adah, S.Si, M.Si, yaitu dosen pengajar di Jurusan Statistika FMIPA Universitas Brawijaya.