Sejarah Berdirinya Program Studi Magister Matematika Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya

 

Dalam rangka pencapaian visi dan misi, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya konsisten mengembangkan program-programnya untuk mewujudkan jurusan sebagai pusat pendidikan dan penelitian di bidang matematika. Di samping mengembangkan program studi (S1 Matematika, S1 Statistika, S1 Ilmu Komputer, D-3 Mitek), juga melakukan upaya menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di dalam dan luar negeri, industri maupun pusat penelitian. Pengembangan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan peran Jurusan Matematika Khususnya, Universitas Brawijaya umumnya,  dalam mempersiapkan sumberdaya manusia Indonesia yang berkualitas dan siap mengahadapi tantangan dan persaingan dalam era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Sebagai salah satu bentuk rasa tanggung jawab Universitas Brawijaya dalam pengembangan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan mengembangkan IPTEK, khususnya dalam bidang matematika maka sekitar tahun 2009 Universitas Brawijaya memberikan kepercayaan kepada Jurusan Matematika  untuk mengembangkan pendidikan matematika setingkat Magister (S2). Untuk merealisasikan program tersebut, maka Jurusan Matematika melakukan berbagai persiapan dengan mempertimbangkan daya dukung dari semua sumberdaya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan program tersebut. Sumberdaya manusia yang dipertimbangkan antara lain jumlah dosen yang bergelar professor, bergelar doktor, staf administrasi. Sumberdaya sarana prasana antara lain ruangan untuk kelas, adminsitrasi, laboratorium, rapat dan diskusi. Berdasarkan identifikasi yang dilakukan, maka akhinya jurusan Matematika menyimpulkan bahwa semua daya dukung yang dibutuhkan telah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan program Magister, sehingga proposal pendirian  Program Studi Magister Matematika Universitas Brawijaya langsung diproses..

Setelah dilakukan penilaian oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Mendiknas RI) melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), maka pemerintah mengeluarkan ijin penyelenggaraan berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor: 54/D/O/2010 dan program studinya diberinama Program Studi Magister Matematika Universitas Brawijaya. Ketua Program Studi Magister Matematika yang pertama dijabat oleh Prof. Dr. Agus Widodo, M.Kes.