Kualitas, Produktivitas, Relevansi Sasaran Penelitian dan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat

Setiap dosen melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara kompetetif setiap tahun selain itu dosen juga melakukan publikasi. Dari data yang ada didapatkan bahwa setiap dosen memiliki publikasi ilmiah pada jurnal baik nasional maupun internasional dengan rata-rata 1 jurnal per dosen per tahun.Selain publikasi jurnal, dosen juga aktif dan produktif mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian melalui kegiatan seminar ditingkat nasional dan internasional. Dukungan positif pendanaan oleh Fakultas dan Universitas untuk ikut serta dalam berbagai even kegiatan seminar nasional dan internasional mempermudah dan mendorong dosen untuk aktif terlibat dalam kegiatan ilmiah.

Dalam setiap kegiatan penelitian dan pengabdian dosen selalu melibatkan mahasiswa baik S2 maupun S1 sehingga kemanfaatannya bukan hanya dalam bidang penelitian dan pengabdian namun juga dalam kegiatan pendidikan.Pelibatan mahasiswa S1 dan S2 juga mengandung maksud pembinaan mahasiswa S2 untuk dapat bertindak sebagai suatu ketua dalam suatu bagian kegiatan, hal ini merupakan salah satu tuntutan kompetensi sesuai dengan KKNI.

 

Agenda, Keberlanjutan, Diseminasi Hasil Penelitian dan Pelayanan/ Pengabdian Kepada Masyarakat.

Fakultas selalu mendorong secara terus menerus guna mengembangkan roadmap penelitian dan pengembangan kelompok peneliti ,sehingga diperoleh suatu relevansi, kualitas dan produktifitas. Dengan kebijakan ini maka peneliti akan terus meningkatkan mutu dan relevansi, sehingga akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Selain tersebut diatas, fakultas mempunyai kebijakan  dalam hal pengalokasian dana penelitian dan pengabdian internal untuk pembiayaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini menunjukkan adanya  jaminan atas keberlanjutan proses penelitian dan pengabdian.

Dengan adanya jaminan tersebut maka agenda pengembangan penelitian dapat dengan baik disusun oleh dosen dalam kelompok penelitiannya dalam kerangka roadmap yang telah ditetapkan.  Kewajiban untuk mempublikasikan karya-karya ilmiah hasil penelitian serta penerapan hasil-hasil penelitian di dalam masyarakat memberikan suatu jaminan bagi terlaksanannya proses diseminasi pada masyarakat. Hal ini selaras dengan fungsi dan peran PT dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan-pendekatan ilmiah.

Kegiatan Penelitian dan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat Bersama Dosen dan Mahasiswa.

Dalam setiap kegiatan penelitian dan pennagbdian masyarakat dosen selalu melaibatkan mahasiswa dalam pelaksanaannya. Pada awalnya hal ini merupakan suatu kewajiban, namun lambat laun hal ini telah menjadi suatu kebutuhan dan keadaran sehingga keterlibatan mahasiswa menjadi semakin aktif. Judul-judul thesis (dan juga skripsi) mahasiswa sebagian sangat besar  merupakan bagian tak terpisahkan dari tema penelitian dosen dan roadmap penelitian kelompok peneliti.

Mekanisme ini dipandang sangat positif oleh dosen karena secara langsung merupakan bentuk peran serta pemberdayaan generasi-generasi penerus. Pada sisi lain keterlibatan mahasiswa juga berdampak pada proses diseminasi iptek hasil-hasil penelitian ke masyarakat dengan lebih cepat.

 

Banyak dan Kualitas Kegiatan Penelitian dan Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa.

Dengan kewajiban yang dikenakan pada dosen, maka keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian secara langsung sebanding dengan jumlah yang dilakukan oleh dosen. Proporsi ini menunjukkan persentase tinggi keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian. Selain peran serta dalam kegiatan dosen, mahasiswa juga secara aktif terlibat pada kegiatan sejenis diluar aktifitas dosen. Mahasiswa S2 Matematika misalnya juga terlibat langsung dalam proses pengawasan pelaksanaan  UAN sekolah serta pembinaan Olimpiade Matematika untuk tingkat SMP dan SMA.

 

Hubungan antara Pengajaran, Penelitian dan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat.

Pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan hal-hal yang tak terpisahkan dan merupakan kesatuan dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini secara sangat jelas difahami oleh dosen S2 Matematika sehingga pemanfaatan hasil penelitian dalam materi perkuliahan merupakan hal yang biasa dilakukan. Kegiatan pengabdian masyarakat juga merupakan bentuk penerapan hasil penelitian, sebagai contoh adalah dalam pembinaan  sekolah, dalam hal olimpiade matematika.