Jurusan Matematika di bawah FMIPA UB, dengan empat Program Studi (dua PS S1 dan dua PS S2) saat ini menjadi jurusan yang patut diperhitungkan di UB. Hal ini didukung dengan telah diperolehnya akreditasi A untuk Program Studi S1 Matematika dan S1 Statistika pada tahun 2009. Pada tahun 2013 Jurusan Matematika Universitas Brawijaya, sebagai satuan penyelenggara Pendidikan Akademik, yakni pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (UU No. 2 Tahun 1989, BAB IV Pasal 11 Ayat 7), telah memasuki usianya yang ke-26. Ini suatu usia yang masih muda dalam kiprahnya di dunia pendidikan bila dibandingkan dengan jurusan lain di lingkungan Universitas Brawijaya. Berdasarkan keadaan ini, Jurusan Matematika terpacu untuk menyetarakan posisinya dengan jurusan lain, baik di dalam maupun di luar Universitas Brawijaya.

Dari tahun ke tahun peminat jurusan ini semakin meningkat, yang ditunjukkan dengan tingginya passing grade untuk diterima di kedua program studi S1 jurusan ini, hanya berada di bawah PS di Fakultas Teknik dan Kedokteran. Lulusan yang dihasilkan pun telah mendapat pengakuan yang cukup baik di dunia kerja. Pengembangan keilmuan oleh tenaga dosen baik itu sebagai ilmu dasar Matematika dan Statistika maupun sebagai pendukung bidang ilmu lain dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat juga menunjukkan tren positif yang mendukung jati diri Jurusan Matematika. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah tenaga pengajar yang sedang studi lanjut, melakukan kegiatan penelitian, pengabdian pada masyarakat, publikasi serta aktif berpartisipasi mengikuti pelatihan-pelatihan baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Sesuai dengan Misi Universitas Brawijaya, maka salah satu syarat untuk mencapai keunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tumbuh berkembangnya ilmu-ilmu dasar termasuk Matematika. Untuk mewujudkan kontribusi positif ilmu Matematika diperlukan Sarjana Matematika yang memiliki potensi moral yang tangguh serta berkemampuan untuk menumbuhkembangkan sikap pembelajar aktif, kreatif, dan mandiri sehingga mampu berperan secara optimum dalam kancah perubahan global yang semakin cepat.

Sejalan dengan ini Jurusan Matematika Universitas Brawijaya mau tidak mau akan menghadapi arus perubahan yang terjadi baik di tingkat Asia maupun di tingkat antar bangsa. Sesuai dengan komitmen UB untuk menjadikan universitas ini sebagai World Class University, dalam menghadapi arus perubahan global tersebut, Jurusan Matematika harus mampu menciptakan suasana akademik yang kondusif, manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, sehingga kegiatan belajar dan mengajar di kelas dapat berlangsung secara efektif untuk menghasilkan output yang sesuai dengan visi dan misi yang diharapkan. Karena jumlah mahasiswa yang diterima Jurusan Matematika mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, diperlukan usaha yang ekstra keras untuk mewujudkan hal tersebut. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin prestasi yang selama ini telah dicapai akan mengalami penurunan. Agar standar kualitas dan pengembangan yang diharapkan dapat tercapai, diperlukan perencanaan yang baik dan strategi implementasi yang konkrit. Perencanaan tersebut dituangkan di dalam Renstra Jurusan Matematika UB.

  1. Renstra Jurusan Matematika 2013
  2. Renstra Jurusan Matematika 2017-2021