PROFIL LABORATORIUM

JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

PENDAHULUAN

Laboratorium merupakan fasilitas penunjang yang digunakan untuk kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam bentuk praktikum, penelitian mahasiswa untuk keperluan Tugas Akhir dan penelitian dosen untuk pengembangan keilmuan atau karya ilmiah, serta pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pelatihan. Selain itu juga memberikan layanan pemeliharaan dan troubleshooting komputer di Jurusan Matematika. Jurusan Matematika Fakultas MIPA membawahi 8 Laboratorium Komputer yaitu Laboratorium Komputer A, B, C, D, MA, MB, Laboratorium Jaringan dan Laboratorium Simulasi dan Pemodelan

Fasilitas yang dimiliki berupa perangkat komputer sebanyak 145 unit komputer, LCD Projector pada tiap Laboratorium untuk presentasi, scanner dan juga printer. Dengan ruangan Full AC, laboratorium ini sangat nyaman untuk kegiatan praktikum, penelitian dan pelatihan Komputer.

FUNGSI LABORATORIUM

Laboratorium Komputer Jurusan Matematika berfungsi sebagai tempat untuk membekali mahasiswa dengan berbagai software komputer yang berkaitan dengan matematika dan statistika melalui kegiatan praktikum, mengadakan kegiatan penelitian baik yang dilakukan mahasiswa, dosen maupun praktisi, mengadakan kegiatan pelatihan statistika dan melayani konsultasi analisis data statistika bagi masyarakat.

Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang mempunyai 7 buah laboratorium, dimana laboratorium tersebut terbagi dalam 4 kategori yaitu Laboratorium Matematika, Statistika, Pemodelan dan Simulasi serta Komputasi, dengan diketuai oleh :

No Nama Laboratorium Kepala Laboratorium
1 Matematika Nur Shofianah, S.Si, M.Si, Ph.D
2 Statistika Samingun Handoyo, S.Si, M.Cs
3 Permodelan dan Simulasi Syaiful Anam, S.Si, MT, Ph.D
4 Komputer Dasar Drs. Abdul Rouf A., M.Sc, Ph.D